PASAR KONSUMEN DAN PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN PASAR INDUSTRI DAN PERILAKU PEMBELI DI PASAR INDUSTRI
Tugas Kelompok 1
Mata Kuliah : Manajemen Sumber Daya Manusia
1. Afrita
2. Azura Yuliananda
3. Hertyn Frianka
4. Laurensia Setyawati
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penyusunan makalah dengan judul “Pasar Konsumen dan Perilaku Konsumen serta Pasar Industri dan Perilaku Pembeli Pasar Industri” inidibuat
dengan didasari oleh teori-teori pemasaran. Karena ruang lingkup
pemasaran tidak hanya tentang produk dan penjualannya maka kita perlu
melakukan pembahasan tentang bagian – bagian yang disentuh dalam
marketing itu sendiri terutama tentang informasi dan permintaan
pasar.Untuk memahami permintaan pasar, kita selayaknya mengerti mengenai
karakteristik yang mempengaruhi prilaku calon pembeli, proses
pengambilan keputusan dari calon konsumen, factor-faktor apa saja yang
mempengaruhi pengambilan keputusan tersebut, tipe perilaku pembelian
konsumen terhadap suatu produk pasar, serta perilaku konsumen luar
negeri.
Sedangkan
untuk pasar industry, kita perlu mengetahui perilaku pembeli pasar
industry yang melingkupi; berbagai situasi pembelian utama, peserta
proses pembelian di pasar industry, pengaruh utama yang mempengaruhi
pembeli di pasar industry, proses pembelian di pasar industry, serta
mengetahui tentang pasar institusi dan pemerintah.
B. Rumusan Masalah
Adapun
masalah yang akan dibahas di dalam makalah ini berkaitan dengan Pasar
Konsumen dan Perilaku Konsumen serta Pasar Industry dan Perilaku Pembeli
Pasar Industry, dirumuskan menjadi :
1. Apa definisi dari pasar konsumen dan pasar industry?
2. Bagaimana perilaku konsumen pada setiap segmen?
3. Apa sajakah yang mempengaruhi perilaku konsumen?
4. Bagaimana proses pembelian pada setiap segmen?
C. Tujuan
Tujuan
dibuatnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen
Sumber Daya Manusia, menjelaskan, mengetahui, dan memahami akan
permintaan pasar konsumen, dan pasar industry, perilaku dan
faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen di setiap segmennya.
BAB I
PASAR KONSUMEN DAN PERILAKU
PEMBELIAN KONSUMEN
PASPASAR KONSUMEN
Pasar
konsumen adalah kelompok individual (perorangan maupun rumah tangga)
yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi
maupun keluarganya, tidak untuk maksud lain.
PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN
Perilaku pembelian Konsumen akhir (individu dan rumah tangga) yang membeli barang atau jasa untuk konsumsi pribadi.
I. Model Perilaku Konsumen
Perilaku pasar konsumen dapat dijelaskan dengan model rangsang-tanggapan (stimulus-respons model).
Model rangsang-tanggapan (S-R model) adalah sebagai berikut :
STIMULUS
---------------------------
Pemasaran Lingkungan
Produk Ekonomi
Harga Teknologi
Tempat Politik
Promosi Budaya
|
PROSES PERILAKU
----------------------------
Karakteristik Pembeli
(Faktor Personal, Faktor Sosial)
Proses Pengambilan Keputusan Pembeli
|
RESPON
---------------------------
Pilihan Produk
Pilihan merk
Pilihan dealer
Pilihan waktu membeli
Jumlah Pembelian
|
Pemasar
ingin memahami bagaimana rangsangan itu diubah menjadi tanggapan dalam
proses perilaku konsumen yang terdiri dari 2 bagian :
1. Karakteristik pembeli mempengaruhi bagaimana dia mempersepsikan dan bereaksi terhadap rangsangan.
2. Proses pengambilan keputusan pembelian itu sendiri mempengaruhi perilaku pembeli.
II. Karakteristik yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
1. Faktor-faktor Budaya
a. Budaya
: Serangkaian nilai, persepsi, keinginan, dan perilaku dasar yang
dipelajari oleh anggota masyarakat dari keluarga dan instansi penting
lain.
b. Sub-budaya : kelompok orang yang memiliki sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi kehidupan yang serupa.
c. Kelas
Sosial : Pembagian kelompok masyarakat yang relatif permanen dan
relatif teratur dimana anggota memiliki nilai, minat dan perilaku yang
serupa.
2. Faktor-faktor Sosial.
a. Kelompok : Dua atau lebih sekelompok orang yang berinteraksi untuk memenuhi tujuan individu atau tujuan bersama.
b. Keluarga.
c. Peran
dan Status. ( Peran terdiri dari sejumlah aktivitas yang diharapkan
untuk dilakukan menurut orang-orang di sekitarnya, Tiap peran membawa
status yang mengambarkan penghargaan umum terhadap peran tersebut oleh
masyarakat.
3. Faktor-faktor Pribadi
a. Umur dan Tata Siklus Hidup,
b. Pekerjaan.
c. Situasi Ekonomi.
d. GayaHidup : Pola hidup seseorang yang tergambarkan pada aktivitas, interest, dan opinion ( AIO ) orang tersebut.
e. Kepribadian
dan Konsep Diri. (Kepribadian, sikologis yang membedakan seseorang yang
menghasilkan tanggapan secara konsisten dan terus-menerus terhadap
lingkungan. Konsep Diri, adalah kepemilikan seseorang dapat menyumbang
dan mencerminkan ke identitas diri mereka ).
4. Faktor-faktor Psikologis
a. Motivasi, kebutuhan yang mendorong seseorang secara kuat mencari kepuasan atas kebutuhan tersebut.
b. Persepsi, Proses menyeleksi, mengatur, dan menginterpretasikan informasi guna membentuk gambaran yang berarti tentang dunia.
c. Pembelajaran, perubahan perilaku seseorang karena pengalaman.
d. Keyakinan
dan Sikap, (keyakinan = pemikiran deskriptif yang dipertahankan
seseorang mengenai sesuatu. Sikap merupakan evaluasi, perasaan dan
kecenderungan yang konsisten atas suka atau tidak seseorang terhadap
suatu objek atau ide ).
III. Tipe Perilaku Pembelian Konsumen
Perilaku pembelian konsumen dapat dibedakan dalam beberapa kategori menurut dasar :
1. Usaha Pemecahan Masalah yang Dihadapi Calon Pembeli :
a. Perilaku Respon Rutin (Routinezed Response Behavior)
Adalah
perilaku pembelian rutin untuk persoalan yang sering dihadapi.Umumnya
frekuensi kebutuhan produk tinggi, misalnya kebutuhan barang-barang
sehari-hari contohnya makanan, sabun.
b. Perilaku Pemecahan masalah yang terbatas (Limited Problem Solving)
Adalah perilaku pembelian yang memerlukan usaha pemecahan persoalan yang terbatas.Frekuensi pembeliannya tidak begitu tinggi.
c. Perilaku Pemecahan Masalah yang Ekstensif (Extensive Problem Solving)
Adalah perilaku pembelian untuk mengatasi persoalan yang sangat tidak rutin.Frekuensi pembelian sangat jarang.
2. Keterlibatan Pembeli dan Perbedaan Merk Produk Yang Hendak Dipilih untuk Dibeli :
a. Perilaku Pembelian yang Kompleks
b. Perilaku Pembelian Pencarian Variasi
c. Perilaku Pembelian Menekan Ketidaksesuaian
d. Perilaku Pembelian Kebiasaan
IV. Proses Pengambilan Keputusan
Proses pengambilan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli) oleh konsumen meliputi kegiatan :
- Pengenalan Kebutuhan
Tahap dimana konsumen mengenali permasalahan atau kebutuhan.
- Pencarian Informasi
Tahap
dimana konsumen tergerak untuk mencari informasi tambahan, konsumen
mungkin sekedar meningkatkan perhatian atau mungkin pula mencari
informasi secara aktif.
- Pengevaluasi Alternatif
Tahap dimana konsumen mengunakan informasi untuk mengevaluasi berbagai merek alternatif di dalam serangkaian pilihan.
- Keputusan Pembelian
Tahap dimana konsumen secara actual melakukan pembelian produk.
- Perilaku Setelah Pembelian
Tahap dinama konsumen melakukan tindakan lebih lanjut setelah pembelian berdasarkan pada keputusan atau ketidakpuasan mereka.


V. Proses Keputusan Pembelian Produk Baru
Produk
Baru adalah Barang, Jasa atau Ide yang dianggap oleh sebagian calon
konsumen sebagai hal yang baru. Dalam pengambilan keputusan pembelian
produk baru ini melalui Proses Adopsi yaitu proses mental yang dijalani
oleh individu melewati dari pertama mempelajari inovasi tertentu hingga
ke adopsi akhir.
TahTahap-tahap Proses Adopsi
1. Kesadaran (awareness), konsumen tahu akan produk baru tetapi kekurangan informasi tentangnya.
2. Ketertarikan (interest), konsumen mencari informasi tentang produk baru tersebut.
3. Pengevaluasian (evaluation), konsumen mempertimbang kan apakah mencoba produk baru adalah masuk akal.
4. Percobaan (trial), konsumen mencoba produk dalam skala yang kecil untuk meningkakan perkiraan besarnya nilai produk tersebut.
5. Pengadopsian ( adoption), konsumen menentukan apakah akan menjadi pemakai tetap atau tidak dari produk baru tersebut.
Pengaruh Karakteristik Produk terhadap Tingkat Pengadopsian.
1. Keunggulan relatif
Tingkat yang menunjukan keunggulan inovasi terhadap produk yang telah ada.
2. Kompatibilitas
Tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai dan pengalaman calon konsumen.
3. Kompleksitas
Tingkat kesulitan inovasi untuk dimengerti atau digunakan.
4. Divisibilitas
Tingkat inovasi dapat dicoba sedikit demi sedikit.
5. Komunikabilitas
Tingkat kemampuan hasil penggunaan inovasi dapat diobservasi atau dijelaskan kepada orang lain.
VI. Perilaku Konsumen Luar Negeri
Di dalam kegiatan ekonomi, konsumen berperan sebagai pengguna atau pemakai barang maupun jasa yang dihasilkan oleh pelaku ekonomi yang lain.
Peranan masing-masing pelaku ekonomi yaitu sebagai berikut :
1. Rumah Tangga Konsumen (RTK) yang menghasilkan faktor-faktor produksi menjualnya ke pasar produksi.
2. Rumah
Tangga Produsen (RTP) membeli faktor-faktor dari rumah tangga dan
memberikan uang sebagai balas jasa rumah tangga. Selanjutnya perusahan
memproduksi barang/jasa dan dijual ke pasar barang atau ekspor.
3. Pemerintah memperoleh pendapatan dari penerimaan pajak pribadi, pajak usaha, bea masuk, dan sumber lain.
4. Rumah
tangga luar negeri dalam bidang ekonomi melalui kegiatan ekspor dan
impor serta kegiatan lain yang menguntungkan tiap Negara.
Umumnya negara sedang berkembang lebih memilih kebijakan ekonomi terbuka, yaitu melakukan hubungan ekonomi
dengan luar negeri. Kebijakan ini akan membuka akses pasar ekspor bagi
produk-produk mereka, sekaligus membuka sumber pengadaan barang modal
dan bahan baku industri dari negara-negara lain.
Selain
menghasilkan devisa, kebijakan promosi ekspor dapat melatih dan
meningkatkan daya saing atau produktivitas para pelaku ekonomi dornotik.
Umumnya, negara sedang berkembang mengekspor hasil-hasil sektor primer
(pertanian dan pertambangan) atau hasil-hasil industri yang telah
ditinggalkan negara-negara yang lebih dahulu maju. Thailand misalnya,
sangat terkenal sebagai negara yang mampu menghasilkan devisa dari
ekspor hasil pertanian. Sementara Indonesia, memperoleh devisa yang
besar dari ekspor tekstil.
Kebijakan substitusi impor adalah kebijakan untuk memproduksi barang-barang yang diimpor. Tujuan
utamanya adalah penghematan devisa. Di Indonesia, pengembangan industri
tekstil pada awalnya adalah substitusi impor. Jika tahap substitusi
impor terlampaui, biasanya untuk tahap selanjutnya menempuh strategi
promosi ekspor.
Tapi
kalau cari produk asli Indonesia, tentu sulit. Karena terlalu banyak
barang sandang yang bermerk Cina dan luar lainnya dan tentunya dengan
harga yang sangat miring.Kenyataannya sebagian besar masyarakat
Indonesia memang suka membeli barang murah, tak peduli itu barang
bajakan.Lalu bagaimana dengan kalangan atas yang sudah terjangkit pola
hidup jetset-nya?Kebalikannya, mereka justru sangat cinta dengan segala
barang bermerk mahal.Tak sedikit juga yang akhirnya menjadi apatis
dengan nasib perekonomian dan pasar Indonesia.warga kalangan atas
Indonesia yang dengan santainya menggesek kartu kredit di mall demi
mendapatkan barang-barang bernilai jutaan rupiah. Ketika termanjakan
dengan limpahan uang, mereka jadi tak punya kontrol diri dalam
berbelanja.Berapapun harganya, kalau sudah terlanjur suka, ya dibeli.
Penduduk
Indonesia memang terkenal sebagai konsumen paling aktif di Asia.Rasa
gengsi akibat tuntutan lingkungan, penyakit shopaholic, dan didikan yang
kurang mengenai kebijakan berbelanja menjadi beberapa faktor utamanya.
Butik dan mall di Singapura, Korea, Italia, Hongkong, Australia, dan AS
pun memiliki daftar pembeli tetap yang sebagian besarnya adalah penduduk
Indonesia. Konsumen Indonesia punya kebiasaan memborong barang-barang
edisi terbaru, tak berniat menawar, dan kembali lagi kalau puas dengan
pelayanannya.Hal ini yang dimanfaatkan oleh butik-butik luar negeri
untuk selalu mengajak konsumen Indonesia mampir lagi.Itu karena uang
konsumen Indonesia banyak memakmurkan brand luar negeri.
Kalau
dilihat dari sini, maka tak heran kalau banyak produsen lokal yang
merana.Barang-barang lokal tak pernah menjadi nomor satu di luar negeri,
dan bahkan di negeri sendiri.Memang perlu diakui kalau produk lokal
punya banyak kelemahan dibanding produk impor. Belum lagi, produsen
Indonesia jarang memasang harga yang lebih murah melainkan lebih tinggi,
alasannya karena pungutan distributor yang tinggi dan
kelangkaan/mahalnya bahan baku. Tentu saja konsumen kabur karena produk
lokal tidak dapat memuaskan hasrat belanja, maka mencomot barang impor
menjadi pilihan.Apalagi sebagian besar penduduk Indonesia dari kalangan
bawah hingga atas terbukti memiliki penyakit mental untuk terus menerus
belanja meski tidak membutuhkan barang tersebut.Dan tidak ada penanganan
yang serius dari didikan di lembaga pendidikan, pekerjaan, dan
kehidupan sehari-hari juga memperparah mental konsumen Indonesia.
BAB II
PASAR INDUSTRI
DAN PERILAKU PEMBELI DI PASAR INDUSTRI
A. Pengertian, Definisi, Macam, Jenis dan Penggolongan Industri di Indonesia Perekonomian Bisnis
Definisi dan pengertian industri.
Industri
adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang
setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah
untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga
reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa
barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.
Jenis / macam-macam industri berdasarkan tempat bahan baku
1. Industri ekstraktif
Industri ekstraktif adalah industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar.
Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan, dan lain.
2. Industri nonekstaktif
Industri nonekstaktif adalah industri yang bahan baku didapat dari tempat lain selain alam sekitar.
3. Industri fasilitatif
Industri fasilitatif adalah industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya.
Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi, dan lain sebagainya.
Golongan / macam industri berdasarkan besar kecil modal
1. Industri
padat modal adalah industri yang dibangun dengan modal yang jumlahnya
besar untuk kegiatan operasional maupun pembangunannya.
2. Industri
padat karya adalah industri yang lebih dititik beratkan pada sejumlah
besar tenaga kerja atau pekerja dalam pembangunan serta
pengoperasiannya.
Jenis-jenis / macam industri berdasarkan klasifikasi atau penjenisannya = berdasarkan SK Menteri Perindustrian No.19/M/I/1986
1. Industri kimia dasar
Contohnya seperti industri semen, obat-obatan, kertas, pupuk, dsb
2. Industri mesin dan logam dasar
Misalnya seperti industri pesawat terbang, kendaraan bermotor, tekstil, dll
3. Industri kecil
Contoh seperti industri roti, kompor minyak, makanan ringan, es, minyak goreng curah, dll
4. Aneka industri
Misal seperti industri pakaian, industri makanan dan minuman, dan lain-lain.
Jenis-jenis / macam industri berdasarkan jumlah tenaga kerja
1. Industri rumah tangga
Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 1-4 orang.
2. Industri kecil
Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 5-19 orang.
3. Industri sedang atau industri menengah
Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 20-99 orang.
4. Industri besar
Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 100 orang atau lebih.
Pembagian / penggolongan industri berdasakan pemilihan lokasi
1. Industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada pasar (market oriented industry)
Adalah
industri yang didirikan sesuai dengan lokasi potensi target konsumen.
Industri jenis ini akan mendekati kantong-kantong di mana konsumen
potensial berada. Semakin dekat ke pasar akan semakin menjadi lebih
baik.
2. Industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada tenaga kerja / labor (man power oriented industry)
Adalah
industri yang berada pada lokasi di pusat pemukiman penduduk karena
bisanya jenis industri tersebut membutuhkan banyak pekerja / pegawai
untuk lebih efektif dan efisien.
3. Industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada bahan baku (supply oriented industry)
Adalah
jenis industri yang mendekati lokasi di mana bahan baku berada untuk
memangkas atau memotong biaya transportasi yang besar.
Macam-macam / jenis industri berdasarkan produktifitas perorangan
1. Industri primer
Adalah industri yang barang-barang produksinya bukan hasil olahan langsung atau tanpa diolah terlebih dahulu.
Contohnya adalah hasil produksi pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan sebagainya.
2. Industri sekunder
Adalah industri yang bahan mentah diolah sehingga menghasilkan barang-barang untuk diolah kembali.
Misalnya adalah pemintalan benang sutra, komponen elektronik, dan sebagainya.
3. Industri tersier
Adalah industri yang produk atau barangnya berupa layanan jasa.
Contoh seperti telekomunikasi, transportasi, perawatan kesehatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
B. PERILAKU PEMBELI DI PASAR INDUSTRI
Berbagai Situasi Pembelian Utama
1. Pembelian Ulang sepenuhnya
Merupakan
situasi pembelian di pasar industri yang ditandai oleh pembeli secara
rutin memesan ulang sesuatu tanpa ada modifikasi.
2. Pembelian ulang dengan modifikasi
Situasi
pembelian di pasar industri yang ditandai oleh pembeli ingin
memodifikasi spesifikasi, harga, persyaratan, dan pemasok produk.
3. Tugas Baru
Situasi pembelian di pasar industri yang ditandai oleh pembeli membeli produk atau jasa untuk yang pertama kalinya.
4. Pembelian sistem
Pembelian penyelesaian masalah secara terpaket dari satu penjual.
Peserta Proses Pembelian di Pasar Industri
Unit
pengambilan keputusan organisasi pembelian disebut “Pusat Pembelian “
yaitu semua individu dan unit yang berpartisipasi dalam proses
pengambilan keputusan di pasar industri.
- Pemakai, Anggota
organisasi yang akan mengunakan produk atau jasa, pemakai sering
pencetus usulan pembelian dan membantu mendefinisikan spesifikasi
produk.
- Pemberi Pengaruh, orang
di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang mempengaruhi keputusan
pembelian, mereka sering membantu mendefinisikan spesifikasi dan juga
menyediakan informasi untuk mengevaluasi sejumlah alternatif.
- Pengambil Keputusan, orang
di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang memiliki kekuatan formal
dan informasi untuk memilih atau menyetujui pemasok yang harus dipilih.
- Penjaga gawang, orang yang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang mengendalikan arus informasi kepada orang lain.
Pengaruh Utama yang dihadapi Pembeli di Pasar Industri
1. Faktor-faktor lingkungan
Ø Perkembangan peraturan dan kondisi politik.
Ø Perkembangan persaingan.
Ø Budaya dan adat-istiadat.
Ø Perkembangan ekonomi
Ø Kondisi penawaran
Ø Perubahan teknologi
2. Faktor-faktor organisasi
Ø Tujuan
Ø Kebijakan
Ø Prosedur
Ø Struktur Organisasi
Ø Sistem
3. Faktor-faktor antar pribadi :
Ø Otoritas
Ø Status
Ø Empati
Ø Kemampuan mempengaruhi orang
4. Faktor-faktor individu:
Ø Umur
Ø Pendidikan
Ø Posisi jabatan
Ø Kepribadian
Ø Sikap terhadap resiko
Proses Pembelian di Pasar Industri
1. Pengenalan Masalah.
Tahap pertama dalam proses pembelian di pasar industri ketika seorang
di perusahaan tertentu mengenali adanya masalah atau kebutuhan yang
dapat dipecahkan dengan memperoleh barang atau jasa tertentu.
2. Penjabaran Kebutuhan secara Umum.
Tahap dalam proses pembelian dipasar industri ketika perusahaan
tersebut menjabarkan secara umum karakteristik dan kuantitas barang yang
dibutuhkan.
3. Spesifikasi Produk.
Tahapan ketika organisasi pembeli memutuskan dan menspesifikasikan
karakteristik produk yang secara teknis terbaik atas barang yang
dibutuhkan.
4. Analisis Nilai.
Pendekatan pengurangan biaya dimana semua komponen dipelajari secara
seksama guna menentukan apakah dapat dirancang ulang, distandarisasikan
atau dibuat dengan metode produksi yang lebih baik.
5. Pencarian Pemasok. Tahapan ketika pembeli berusaha mendapatkan pemasok terbaik.
6. Pengumpulan Proposal. Tahapan ketika pembeli mengundang pemasok yang memenuhi syarat untuk mengajukan proposal.
7. Pemilihan Pemasok. Tahapan ketika pembeli mengulas proposal dan memilih satu atau beberapa pemasok.
8. Spesifikasi pesanan rutin.
Tahapan ketika pembeli menulis pesanan akhir kepada pemasok terpilih,
membuat daftar spesifikasi, kuantitas yang dibutuhkan, waktu penyerahan
yang diharapkan, kebijakan pengembalian barang dan garansi.
9. Penilaian Kinerja.
Tahapan ketika pembeli memeringkat kepuasannya terhadap pemasok, sambil
mengambil keputusan apakah akan melenjutkan, memodifikasi atau
memutuskan perjanjian hubungan tersebut.
C. PASAR INSTITUSI DAN PEMERINTAH
Pasar Institusi
Ø Terdiri
dari sekolah, rumah sakit, rumah jompo, dan institusi lain yang
menyediakan barang dan jasa bagi orang-orang yang mereka pelihara.
Ø Setiap institusi mempunyai sponsor dan tujuan yang berbeda.
Ø Pasar institusi memiliki cirri anggaran yang rendah dan pelanggan yang sudah pasti.
Ø Banyak pemasar mendirikan divisi terpisah untuk melayani ciri dan kebutuhan khusus pembeli institusi.
PasarPemerintah
Ø Unit
pemerintah --- pemerintah federal, negara bagian, dan lokal – yang
membeli atau menyewa barang dan jasa guna menunaikan fungsi utama
pemerintah.
Ø Biasanya
meminta pemasok mengajukan penawaran dan biasanya mereka memberikan
kontrak kepada pemasok yang menawarkan harga terendah.
Ø Umumnya lebih menyukai pemasok domestik daripada pemasok asing.
Ø Sebagian besar pemerintah akan memberikan pemasok panduan yang lengkap yang menerangkan cara menjual kepada pemerintah.
Ø Kriteria non-ekonomi juga memainkan peranan dalam pembelian pemerintah.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pasar
Konsumen adalah kelompok individual (perorangan maupun rumah tangga)
yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi
maupun keluarganya, tidak untuk maksud lain. Model perilaku pasar
konsumen digambarkan dalam bentuk skema stimulus-respons model, yang
menjelaskan mengenai karakteristik pembeli mempengaruhi bagaimana dia
mempersepsikan dan bereaksi terhadap rangsangan serta proses pengambilan
keputusan pembelian itu sendiri mempengaruhi perilaku pembeli.
Adapun
karakterisitik yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu factor budaya,
sosial, pribadi, dan psikologis. Didalam pembelian suatu produk,
terdapat suatu proses pengambilan keputusan yang biasa dihadapi oleh
konsumen, meliputi pengenalan kebutuhan, kebutuhan informasi, evaluasi
alternative, pengambilan keputusan, dan perilaku lanjut.
Produk
Baru adalah Barang, Jasa atau Ide yang dianggap oleh sebagian calon
konsumen sebagai hal yang baru. Dalam pengambilan keputusan pembelian
produk baru ini melalui Proses Adopsi yaitu proses mental yang dijalani
oleh individu melewati dari pertama mempelajari inovasi tertentu hingga
ke adopsi akhir.
Pasar
Industry adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau
barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai
tambah untuk mendapatkan keuntungan.Usaha perakitan atau assembling dan
juga reparasi adalah bagian dari industri.Hasil industri tidak hanya
berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.Berbagai situasi pembelian
utama dalam pasar industry melingkupi pembelian ulang sepenuhnya,
pembelian ulang dengan modifikasi, tugas baru dan pembelian sistem.
Peserta
proses pembelian di pasar industry meliputi pemakai, pemberi pengaruh,
pengambil keputusan, penjaga gawang. Adapun factor utama yang
mempengaruhi pembeli di dalam pasar industry yaitu dipengaruhi oleh
factor lingkungan, factor organisasi, faktor antar pribadi, factor
individu. Sedangkan proses pembeliannya dijabarkan dalam tahapan,
dimulai dari pengenalan masalah, penjabaran kebutuhan secara umum,
spesifikasi produk, analisis nilai, pencarian pemasok, pengumpulan
proposal, pemilihan pemasok, spesifikasi pesanan rutin, dan penilaian
kinerja.
Pasar
institusi adalah pasar yang memfasilitasi masyarakat yang mereka
pelihara, seperti rumah sakit, sekolah, dan institusi lain. Setiap
institusi ini memiliki sponsor yang berbeda, memiliki anggaran yang
minimal dan pelanggan yang pasti,
Pasar
pemerintah adalah unit pemerintah yang menjual atau menyewa barang dan
jasa untuk menunjang fungsi utama pemerintah, lebih menyukai pemasok
domestic, meminta dan memberikan kontrak pada pemasok dengan dana yang
lebih rendah.
BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
1. ahim.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../BAB+II.+PASAR+KONSUMEN.doc
2. Pustaka: Ekonomi & Akuntansi: Mengasah Kemampuan Ekonomi Oleh Bambang Wijayanta & Aristanti Widyaningsih
4. http://jadiberita.com/blog/2011/07/06/ciri-khas-konsumen-indonesia-menguntungkan-pihak-mana/
7. lista.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/19360/Pasar+Industri.pdf
8. ahim.staff.gunadarma.ac.id/.../BAB+III.+PASAR+INDUSTR.doc
sumber http://afrita1804.blogspot.com/2011/10/pasar-konsumen-dan-perilaku-pembelian.html
Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk MBAH SARTO kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasangf togel,hasil ritual MBAH SARTO meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya MBAH SARTO lah yang bisa merubah nasib kami..MBAH SARTO orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 082=378=607=111 MBAH SARTO,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai.
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
HapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH SARTO atas bantuannya saya bisa menang togel 4D nya..saya ingin berbagi cerita kepada semuanya bahwa saya ini cuma seorang TKI dari malaysia dan saya cuma bekerja sebagai pembantu,tentunya anda tau kalau pembantu itu gajinya tidak seberapa dan saya kepengen pulang kampung tapi gaji saya tidak cukup akhirnya saya coba pinjam keteman saya,dia pun juga tidak punya uang dan saya pindah lagi keteman yang lain dia pun juga tidak punya,,akhirnya teman saya memberikan nomor telpon MBAH SARTO dan katanya ini paranormal sangat terkenal yang banyak membantu orang dalam mengatasi masalah,dengan penuh semangat saya langsun menghubungi MBAH SARTO dan ALHAMDULILLAH saya diberikan anka yang benar-benar tembus dan berkat bantuan MBAH SARTO saya sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya dikampung,,jika anda sangat membutuhkan bantuan..jangan anda ragu silahkan hubungi saja MBAH SARTO di 082=378=607=111 karna beliau meman benar-benar paranormal yang bisa dipercaya dan yang punya room terimah kasih banyak atas tumpangannya.
BalasHapusSaya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH SARTO atas bantuannya saya bisa menang togel 4D nya..saya ingin berbagi cerita kepada semuanya bahwa saya ini cuma seorang TKI dari malaysia dan saya cuma bekerja sebagai pembantu,tentunya anda tau kalau pembantu itu gajinya tidak seberapa dan saya kepengen pulang kampung tapi gaji saya tidak cukup akhirnya saya coba pinjam keteman saya,dia pun juga tidak punya uang dan saya pindah lagi keteman yang lain dia pun juga tidak punya,,akhirnya teman saya memberikan nomor telpon MBAH SARTO dan katanya ini paranormal sangat terkenal yang banyak membantu orang dalam mengatasi masalah,dengan penuh semangat saya langsun menghubungi MBAH SARTO dan ALHAMDULILLAH saya diberikan anka yang benar-benar tembus dan berkat bantuan MBAH SARTO saya sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya dikampung,,jika anda sangat membutuhkan bantuan..jangan anda ragu silahkan hubungi saja MBAH SARTO di 082=378=607=111 karna beliau meman benar-benar paranormal yang bisa dipercaya dan yang punya room terimah kasih banyak atas tumpangannya.
INFOTUYULMESIR: tuyul ini sangat kecil ukurannya,kira-kira tingginya 5cm-6cm,tuyul ini dapat dilihat dengan mata terbuka Jika (NAMA) sudah Memberikan Minyak khusu bagi anda yang ingin Kontrak atau ingin Beli tuyul.
BalasHapusorang lain tidak dapat melihatnya. Bagaimana merawatnya..?? Sangat mudah ,tuyul ini sangat canggih & tidak merepotkan, tuyul ini tidak suka netek pada ibu-ibu, tuyul kepunyaan mbah hanya perlu 1 buah kamar khusus tempat tuyul bermain & istirahat serta butuh KUNYIT DAN SUSU BIASA yang sering Diminum anak-anak, seperti SUSU CAP BENDERA, anda tidak usah takut atau repot, karena Kunyit banyak Dijual di pasar-pasar terdekat di kota anda, itupun hanya diberikan jika si tuyul akan bertugas mencuri uang/perhiasan, tuyul ini sangat setia dengan majikannya. Berapa harganya..?? khusus untuk tuyul biasa mbah patok harga yaitu 1,7MILIAR, dan jangan Khwatir, karena ada sistem ngontrak, Hanya 5Jt/ tahun, dan Bisa menghasilkan uang sekitar 20jt/Hari. Tuyul Mesir pintar sama seperti tuyul lainnya, tetapi terdapat perbedaan yaitu Memiliki Pakean yang Bagus dan topi yang kayak seperti Jin dan Jun, atau Tuyul dan Mbak Tuyul ,selain itu Tuyul Mesir dapat berlari lebih kencang daripada tuyul biasa, lebih pintar mencuri uang/perhiasan, oleh karena itu disebut tuyul spesial, kenapa begitu..?? karena banyak Paranormal atau para ahli hikmah mengakui sulit untuk menangkap TUYUL MESIR karena lari'nya cepat seperti kilat, hanya segelintir dukun sakti saja yang bisa menangkapnya, itupun harus menggunakan ilmu khusus yang sudah sangat langkah.
SISTEM KONTRAK DARI KAMI :
1.SISTEM KONTRAK TUYUL BIASA : Rp 15Jt DALAM WAKTU1
TAHUN
SISTEM KONTRAK TUYUL SPESIAL:Rp 25 Jt DALAM WAKTU 1 TAHUN
&PENGHASILAN BISA MENCAPAI ATAU BAHKAN LEBIH 20Jt DALAM 1 HARI.
2 SISTEM BELI: HARGA 1,7 MILIAR
HANYA SEHARGA 1,7 MILIAR
Anda dapat memesan tuyul biasa atau tuyul MESIR silahkan
TLP :
082-369-439-555
(KY ARIF)
anda juga biasa dapatkan angka goib yang akurat tembus 100%dan pasti jebol.
info selengkapnya silahkan ANDA Hub:bliau
INFOTUYULMESIR: tuyul ini sangat kecil ukurannya,kira-kira tingginya 5cm-6cm,tuyul ini dapat dilihat dengan mata terbuka Jika (NAMA) sudah Memberikan Minyak khusu bagi anda yang ingin Kontrak atau ingin Beli tuyul.
BalasHapusorang lain tidak dapat melihatnya. Bagaimana merawatnya..?? Sangat mudah ,tuyul ini sangat canggih & tidak merepotkan, tuyul ini tidak suka netek pada ibu-ibu, tuyul kepunyaan mbah hanya perlu 1 buah kamar khusus tempat tuyul bermain & istirahat serta butuh KUNYIT DAN SUSU BIASA yang sering Diminum anak-anak, seperti SUSU CAP BENDERA, anda tidak usah takut atau repot, karena Kunyit banyak Dijual di pasar-pasar terdekat di kota anda, itupun hanya diberikan jika si tuyul akan bertugas mencuri uang/perhiasan, tuyul ini sangat setia dengan majikannya. Berapa harganya..?? khusus untuk tuyul biasa mbah patok harga yaitu 1,7MILIAR, dan jangan Khwatir, karena ada sistem ngontrak, Hanya 5Jt/ tahun, dan Bisa menghasilkan uang sekitar 20jt/Hari. Tuyul Mesir pintar sama seperti tuyul lainnya, tetapi terdapat perbedaan yaitu Memiliki Pakean yang Bagus dan topi yang kayak seperti Jin dan Jun, atau Tuyul dan Mbak Tuyul ,selain itu Tuyul Mesir dapat berlari lebih kencang daripada tuyul biasa, lebih pintar mencuri uang/perhiasan, oleh karena itu disebut tuyul spesial, kenapa begitu..?? karena banyak Paranormal atau para ahli hikmah mengakui sulit untuk menangkap TUYUL MESIR karena lari'nya cepat seperti kilat, hanya segelintir dukun sakti saja yang bisa menangkapnya, itupun harus menggunakan ilmu khusus yang sudah sangat langkah.
SISTEM KONTRAK DARI KAMI :
1.SISTEM KONTRAK TUYUL BIASA : Rp 15Jt DALAM WAKTU1
TAHUN
SISTEM KONTRAK TUYUL SPESIAL:Rp 25 Jt DALAM WAKTU 1 TAHUN
&PENGHASILAN BISA MENCAPAI ATAU BAHKAN LEBIH 20Jt DALAM 1 HARI.
2 SISTEM BELI: HARGA 1,7 MILIAR
HANYA SEHARGA 1,7 MILIAR
Anda dapat memesan tuyul biasa atau tuyul MESIR silahkan
TLP :
082-369-439-555
(KY ARIF)
anda juga biasa dapatkan angka goib yang akurat tembus 100%dan pasti jebol.
info selengkapnya silahkan ANDA Hub:bliau